Pembelajaran Berbantuan Komputer dalam Teknologi Pembelajaran
Pembelajaran
berbantuan komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam
sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan
membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui
terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer
(baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface
(antar muka) multimedia.
Fungsi
Komputer dalam kegiatan pembelajaran
1. Tujuan
Kognitif
Komuter dapat
mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan
kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan
sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga
cocok untuk kegiatan pembelajaran mandidi.
2. Tujuan
Afektif
Bila program didesain secara
tepat dengan meberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah
perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan menggunakan media
komputer
3. Tujuan
Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang
dikemas dakam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk kondisi
dunia kerja. Beberapa cntoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat,
simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
Kelebihan
komputer sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan
perhatian dan konsentrasi siswa.
2. Meningkatkan
motivasi siswa.
3. Menyesuaikan
materi dengan kemampuan siswa.
4. Mereduksi
penggunaan waktu penyampaian materi.
5. Membuat
pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
6. Dapat
mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit
kesalahan.
7. Komputer
tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
8. Dapat
menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
9. Materi
dapat di desain lebih menarik.
Pada
sisi lain, PBK juga memiliki kekurangan, antara lain:
1. Dikembangkan
dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa.
2. Masih
relatif mahal.
3. Tidak
dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu.
4. Pengembangan
PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit.
5. Pada
kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu.
6. Kecepatan
perkembangan teknologi komputer memerlukan
upgrade yang terus-menerus.
7. Penilaian
tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit.
8. Pada
umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar.
9. Komputer
tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan
tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan
guru.
Refrensi
:
http://titis-aribowo.blogspot.com/2011/06/pembelajaran-berbantuan-komputer.html
http://blog.uin-malang.ac.id/fityanku/pembelajaran-berbasis-komputer/
http://blog.um.ac.id/afanardiansyah/2011/12/07/konsep-pembelajaran-berbantuan-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar