Dibuat untuk memenuhi Tugas AKhir matakuliah Perencanaan Pembelajaran
yang dibina oleh Bapak Setiadi Cahyono P
1.
Runag
lingkup standar kompetensi guru yang pertama adalah komponen kompetensi
pengelolaan pembelajaran yang mencakup, kecuali
...
a.
Penyusunan
perencanaan pembelajaran
b.
Pelaksanaan
interaksi belajar mengajar
c.
Penilaian
prestasi belajar peserta didik
d.
Pelaksanaan
tindak lanjut hasil penilaian
e.
Pemahaman
wawasan kependidikan
2.
Kompetensi
dari komponen pengelolaan pembelajaran kecuali
...
a.
Penyusunan
rencana pembelajaran
b.
Pelaksanaan
interaksi belajar mengajar
c.
Penilaian
prestarsi belajar peserta didik
d.
Pelaksanaan
tindak lanjut, hasil penilaian prestarsi belajar peserta didik
e.
Penguasaan
bahan kajian akademik
3.
Suatu
perencanaan yang mendorong penggunaan teknik-teknik yang dapat mengembangkan
tingkah laku kognitif dan teori-teori konstruktif terhadap solusi dan
problem-problem pengajaran merupakan
Perencanaan pengajaran sebagai ...
a.
sistem
b.
proses
c.
teknologi
d.
sains (science)
e.
sebuah
disiplin
4.
Hidayat
(1990:11) mengemukakan bahwa perangkat yang harus dipersiapkan dalam
perencanaan pembelajaran antara lain, kecuali
...
a.
Menguasai
bahan ajar
b.
Menguasai
kurikulum
c.
Menyusun
program pengajaran
d.
Melaksanakan
program pengajaran
e.
Melaksanakan
evaluasi
5.
Menurut
Nurhadi (2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan ...
a.
1) tujuan
mata pelajaran yang akan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3)
pengelompokan kompetensi dasar; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi
pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
b.
1) tujuan
mata pelajaran yang akan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) sasaran-sasaran
matapelajaran; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7)
alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
c.
1)
bidang studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) sasaran-sasaran
matapelajaran; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7)
alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
d.
1)
bidang studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3)
pengelompokan kompetensi dasar; 4) uraian topik-topik pembelajaran; 5)
indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
e.
1) bidang
studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) pengelompokan
kompetensi dasar; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7)
alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
6.
Dibawah
ini yang tidak termasuk bahan ajar
cetak (printed) adalah ...
a.
animation
b.
wallchart
c.
handout
d.
leaftlet
e.
gambar
7.
Gagne
dan Winkel (1996:369) menyatakan bahwa fase dalam kegiatan pembelajaran
diantaranya adalah sebagai berikut kecuali
...
a.
Fase
motivasi
b.
Fase
menaruh perhatian
c.
Fase
pengelolaan
d.
Fase
menggali
e.
Fase
umpan balik
8.
Menurut
Kenneth dalam Rosyada (2004:141), beberapa indikator kecakapan yang dapat
dijadikan ukuran yaitu, kecuali ...
a.
Penerimaan
b.
Tanggapan
c.
Penilaian
d.
Pengorganisasian
nilai-nilai
e.
Karakteristik
kehidupan
9.
Aktivitas
ini dilakukan karena guru telah menetahui sasaran-sasaran tertentu yang dapat
dipergunakan sebagai basis untuk mengambil suatu keputusan. Aktivitas diatas
merupakan salah satu dari enam aktivitas utama guru yaitu ...
a.
Memilih
isi dan menetukan sasaran
b.
Mendiagnosa
kebutuhan peseta didik
c.
Mengidentifikasi
teknik-teknik “pembelajran”
d.
Memberikan
motivasi dan implementasi program
e.
Merencanakan
aktivitas “merumuskan unit-unit dan merencanakan pembelajaran”
10. Menurut pendapat Kennetch D.Moore (2001:126),
komponen rencana pembelajaran diantarnya adalah sebagai berikut, kecuali...
a.
Topik
bahasan
b.
Tujuan
pembelajaran
c.
Materi
Pembelajaran
d.
Evaluasi
hasil belajar
e.
Sumber
bahan
11. Pollard dalam Hilda Karli (2004:26) mengelompokan
kepribadian siswa dalam 5 kelompok besar. Pribadi orang yang ramah, terbuka,
bahkan kadang-kadang tergantung dari perlakuakn teman-teman sekelompoknya
merupakan gambaran dari kelompok...
a.
Impulsivity
b.
Extroversion
c.
Anxiety
d.
Vacillation
e.
Competitiveness
12. Empat golongan perbuatan siswa untuk mencapai
tujua dengan cara yang tidak baik oleh
Rudolf Dreikurs dan Pearl Cassel, keculai
...
a.
Tingkah
laku yang ingin mendapat perhatian orang lain
b.
Tingkah
laku yang ingin menunjukan kekuatan
c.
Tingkah
laku yang bertujuan menyakiti orang lain
d.
Tingkah
laku yang menunjukan rasa malan
e.
Peragaan
ketidakmampuan
13. Berikut empat tujuan penilaian dikelas oleh
guru, kecuali ...
a.
Analisis
b.
Penelususan
c.
Pengecekan
d.
Pencarian
e.
Penyimpulan
14. Berikut ini yang termasuk soal non objektif adalah
...
a.
Uraian
b.
Menjodohkan
c.
Pilihan
ganda
d.
Pertanyaan
lisan
e.
Jawaban
Singkat/Isian singkat.
Kunci Jawaban
1.
E
2.
E
3.
C
4.
E
5.
E
6.
A
7.
D
8.
C
9.
C
10. E
11. B
12. D
13. A
14. E
Sumber Refrensi
Majid, Abdul. PERENCANAAN PEMBELAJARAN, Rosdakarya, Bandung, 2011.
artikelnya sangant membantu terimakasih.
BalasHapus