Halaman

“Apabila seorang manusia meninggal dunia, amalannya terputus, kecuali tiga hal (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendo’akannya.”

Minggu, 09 Desember 2012

Soal-Soal Pilihan Ganda

Dibuat untuk memenuhi Tugas AKhir matakuliah Perencanaan Pembelajaran
yang dibina oleh Bapak Setiadi Cahyono P

1.      Runag lingkup standar kompetensi guru yang pertama adalah komponen kompetensi pengelolaan       pembelajaran yang mencakup, kecuali ...
a.       Penyusunan perencanaan pembelajaran
b.      Pelaksanaan interaksi belajar mengajar
c.       Penilaian prestasi belajar peserta didik
d.      Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian
e.       Pemahaman wawasan kependidikan
2.      Kompetensi dari komponen pengelolaan pembelajaran kecuali ...
a.       Penyusunan rencana pembelajaran
b.      Pelaksanaan interaksi belajar mengajar
c.       Penilaian prestarsi belajar peserta didik
d.      Pelaksanaan tindak lanjut, hasil penilaian prestarsi belajar peserta didik
e.       Penguasaan bahan kajian akademik
3.      Suatu perencanaan yang mendorong penggunaan teknik-teknik yang dapat mengembangkan tingkah laku kognitif dan teori-teori konstruktif terhadap solusi dan problem-problem  pengajaran merupakan Perencanaan pengajaran sebagai ...
a.       sistem
b.      proses
c.       teknologi
d.      sains (science)
e.       sebuah disiplin
4.      Hidayat (1990:11) mengemukakan bahwa perangkat yang harus dipersiapkan dalam perencanaan pembelajaran antara lain, kecuali ...
a.       Menguasai bahan ajar
b.      Menguasai kurikulum
c.       Menyusun program pengajaran
d.      Melaksanakan program pengajaran
e.       Melaksanakan evaluasi
5.      Menurut Nurhadi (2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan ...
a.       1) tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) pengelompokan kompetensi dasar; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
b.      1) tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) sasaran-sasaran matapelajaran; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
c.       1) bidang studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) sasaran-sasaran matapelajaran; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
d.      1) bidang studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) pengelompokan kompetensi dasar; 4) uraian topik-topik pembelajaran; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
e.       1) bidang studi yang kan diajarkan; 2) tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) pengelompokan kompetensi dasar; 4) materi pokok; 5) indikator; 6) strategi pembelajaran; 7) alokasi waktu; 8) bahan/alat/media.
6.      Dibawah ini yang tidak termasuk bahan ajar cetak (printed) adalah ...
a.       animation
b.      wallchart
c.       handout
d.      leaftlet
e.       gambar
7.      Gagne dan Winkel (1996:369) menyatakan bahwa fase dalam kegiatan pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut kecuali ...
a.       Fase motivasi
b.      Fase menaruh perhatian
c.       Fase pengelolaan
d.      Fase menggali
e.       Fase umpan balik
8.      Menurut Kenneth dalam Rosyada (2004:141), beberapa indikator kecakapan yang dapat dijadikan ukuran yaitu, kecuali ...
a.       Penerimaan
b.      Tanggapan
c.       Penilaian
d.      Pengorganisasian nilai-nilai
e.       Karakteristik kehidupan
9.      Aktivitas ini dilakukan karena guru telah menetahui sasaran-sasaran tertentu yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk mengambil suatu keputusan. Aktivitas diatas merupakan salah satu dari enam aktivitas utama guru yaitu ...
a.       Memilih isi dan menetukan sasaran
b.      Mendiagnosa kebutuhan peseta didik
c.       Mengidentifikasi teknik-teknik “pembelajran”
d.      Memberikan motivasi dan implementasi program
e.       Merencanakan aktivitas “merumuskan unit-unit dan merencanakan pembelajaran”
10.  Menurut pendapat Kennetch D.Moore (2001:126), komponen rencana pembelajaran diantarnya adalah sebagai berikut, kecuali...
a.       Topik bahasan
b.      Tujuan pembelajaran
c.       Materi Pembelajaran
d.      Evaluasi hasil belajar
e.       Sumber bahan
11.  Pollard dalam Hilda Karli (2004:26) mengelompokan kepribadian siswa dalam 5 kelompok besar. Pribadi orang yang ramah, terbuka, bahkan kadang-kadang tergantung dari perlakuakn teman-teman sekelompoknya merupakan gambaran dari kelompok...
a.       Impulsivity
b.      Extroversion
c.       Anxiety
d.      Vacillation
e.       Competitiveness
12.  Empat golongan perbuatan siswa untuk mencapai tujua dengan cara yang tidak baik  oleh Rudolf Dreikurs dan Pearl Cassel, keculai ...
a.       Tingkah laku yang ingin mendapat perhatian orang lain
b.      Tingkah laku yang ingin menunjukan kekuatan
c.       Tingkah laku yang bertujuan menyakiti orang lain
d.      Tingkah laku yang menunjukan rasa malan
e.       Peragaan ketidakmampuan
13.  Berikut empat tujuan penilaian dikelas oleh guru, kecuali ...
a.       Analisis
b.      Penelususan
c.       Pengecekan
d.      Pencarian
e.       Penyimpulan
14.  Berikut ini yang termasuk soal non objektif adalah ...
a.       Uraian
b.      Menjodohkan
c.       Pilihan ganda
d.      Pertanyaan lisan
e.       Jawaban Singkat/Isian singkat.

Kunci Jawaban
   1.      E
   2.      E
   3.      C
   4.      E
   5.      E
   6.      A
   7.      D
   8.      C
   9.      C
   10.  E
   11.  B
   12.  D
   13.  A
   14.  E

Sumber Refrensi
   Majid, Abdul. PERENCANAAN PEMBELAJARAN, Rosdakarya, Bandung, 2011.

1 komentar:

Semua yang ada baca pada blog ini belum tentu semuanya benar,
Wallahualam Bissawab
Saya hanya manusia biasa yang tak terlepas dari khilaf dan dosa karena itu mohon untuk dipelajari kembali dan mohon untuk ditambahi.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca ^^.