Halaman

“Apabila seorang manusia meninggal dunia, amalannya terputus, kecuali tiga hal (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendo’akannya.”

Rabu, 24 Oktober 2012

Pembelajaran Berbantuan Komputer


Banyak pendapat yang ada mengenai pengertian PBK. Hal ini juga disebabkan banyaknya istilah asing yang menafsirkan diri sebagai PBK itu sendiri, antara lain Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Learning  (CAL),  Computer Managed Instruction (CMI), dan  Computer Based Education (CBE).
Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia.
1.      CAI (Computer Assisted Instruction)
CAI, Istilah ini menggambarkan bahwa komputer digunakan hanya sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Penggunaanya hanya sebagai tool yang mendukung kegiatan belajar. Umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana siswa dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada siswa baik berupa informasi maupun latihan dan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan siswa melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer. Materi pelajaran dapat disajikan program  CAI  melalui berbagai metode seperti:  drill and practice, tutorial, simulasi, games, problem-solving, dan lain sebagainya. Misalnya, siswa menggunakan software Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan dalam mata pelajaran statistik. Dalam hal ini komputer sebagai alat bantu bagi siswa, aplikasi komputer tidak secara khusus diprogram untuk tujuan pembelajaran tertentu.
Ada lima tipe CAI yang sering dipergunakan ( Patterson, Strickland ) yaitu  :
a.      Drill and Practice (Latihan dan Praktek)
Tipe Drill and Practice menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat lunak ini sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang matematika atau faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada Drill and Practice, komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan nilai, contoh jawaban yang salah dan pengulangan dengan contoh-contoh masalah yang telah dijawab secara tidak benar.
b.      Tutorial
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.
c.       Simulation (simulasi)
Tipe simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya.
d.      Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh. Program ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah, analisis akhir, mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini akan membantu siswa untuk menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka.
e.       Instructional/ Educational Games
Tipe Instructional atau Educational Games merupakan program yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan. Permainan diberikan sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.
Menurut Bright, bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional, CAI sangat efektif dan efisien. Anak didik akan belajar lebih cepat, menguasai materi pelajaran lebih banyak dan mengingat lebih banyak dari apa yang sudah dipelajari. Dalam studi meta analisisnya terhadap hasil-hasil penelitian tentang efektifitas CAI selama 25 tahun, Kulik dkk. menyimpulkan bahwa:
  • Siswa belajar lebih banyak materi dari komputer (melalui CAI)
  • Siswa mengingat apa yang telah dipelajari melalui CAI lebih Lama
  • Siswa membutuhkan waktu lebih sedikit
  • Siswa lebih betah di kelas
  • Siswa memiliki sikap lebih positip terhadap computer

CAI sangat efektif dan efisien bila dibanding dengan pendekatan pengajaran tradisional. Untuk memperoleh efektifitas yang tinggi, pengembangan suatu CAI perlu perencanaan yang baik dan matang.
2.      CBL (Computer Based Learning)
CBL, Istilah ini merujuk pada penggunaan komputer sebagai media utama dalam belajar. Perbedaannya dengan CAI dan CBI terletak pada kata “Learning” dan “Instruction”. Instruction merujuk pada situasi yang konvensional dan terprogram, sedangkan Learning lebih dinamis dan belum tentu terprogram dalam artian ada tujuan-tujuan tertentu yang harus dicapai. Jadi pada istilah CBL ini komputer merupakan media utama bagi siswa untuk belajar mengenai sesuatu dan dapat dilakukan secara mandiri (tidak terikat pada situasi yang konvensional).
CBL itu sendiri memiliki beragam kategori yang memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda. Kategori-kategori dari CBL meliputi Kategori yang didasarkan pada software, yang mencakup drill and parctice, tutorial, simulation, problem solving, tool dan computer managed instruction. Keragaman kategori dari CBL inilah yang secara langsung dapat memberi efek pada belajar siswa. Masing-masing kategori ada tujuan tertentu, jadi ada materi tertentu yang dapat disampaikan dengan kategori CBL tertentu.
Dengan pendekatan CBL prestasi siswa dapat ditingkatkan, menghemat waktu guru dan siswa dan meningkatkan sikap siswa terhadap sekolah dan mata pelajaran.
Menurut Kulik, CBL lebih efektif digunakan pada siswa sekolah dasar daripada mahasiswa perguruan tinggi.
Hasil penelitian Robyler mengkonfirmasi penelitian sebelumnya yaitu menyatakan bahwa CBL efektif dalam mengajarkan matematika dibanding mengajarkan kemampuan membaca dan bahasa. Selain itu ia juga membantah temuan Kulik, menurut hasil penelitiannya, CBL lebih efektif pada mahasiswa dibanding pada siswa sekolah dasar.
Penggunaan Computer Based Learning ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, tidak semua lembaga pendidikan dapat memanfaatkannya.


SUMBER PUSTAKA

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20466/3/Chapter%20II.pdf
http://chrisadiputra.blogspot.com/2012/04/penelitian-mengenai-computer-based.html
http://nuabah.blogspot.com/2011/03/computer-assisted-instruction-cai.html
http://maulanamolenarifin.blogspot.com/2012/05/reaserch-on-computer-based-learning.html
http://blog.um.ac.id/afanardiansyah/2011/12/07/konsep-pembelajaran-berbantuan-komputer/
http://amedower.blogspot.com/2012/05/penelitian-cbl-computer-based-learning.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua yang ada baca pada blog ini belum tentu semuanya benar,
Wallahualam Bissawab
Saya hanya manusia biasa yang tak terlepas dari khilaf dan dosa karena itu mohon untuk dipelajari kembali dan mohon untuk ditambahi.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca ^^.