Halaman

“Apabila seorang manusia meninggal dunia, amalannya terputus, kecuali tiga hal (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendo’akannya.”

Rabu, 24 Oktober 2012

PBK dalam Teknologi Pembelajaran


Pembelajaran Berbantuan Komputer dalam Teknologi Pembelajaran

Pembelajaran berbantuan komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia.

Fungsi Komputer dalam kegiatan pembelajaran
1.      Tujuan Kognitif
Komuter dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandidi.
2.      Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan meberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan menggunakan media komputer
3.      Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dakam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk kondisi dunia kerja. Beberapa cntoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.

Kelebihan komputer sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
2.      Meningkatkan motivasi siswa.
3.      Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
4.      Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi.
5.      Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
6.      Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan.
7.      Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
8.      Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
9.      Materi dapat di desain lebih menarik.

Pada sisi lain, PBK juga memiliki kekurangan, antara lain:
1.      Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa.
2.      Masih relatif mahal.
3.      Tidak dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu.
4.      Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit.
5.      Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu.
6.      Kecepatan perkembangan teknologi komputer memerlukan  upgrade  yang terus-menerus.
7.      Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit.
8.      Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar.
9.      Komputer tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.




Refrensi :
http://titis-aribowo.blogspot.com/2011/06/pembelajaran-berbantuan-komputer.html
http://blog.uin-malang.ac.id/fityanku/pembelajaran-berbasis-komputer/
http://blog.um.ac.id/afanardiansyah/2011/12/07/konsep-pembelajaran-berbantuan-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua yang ada baca pada blog ini belum tentu semuanya benar,
Wallahualam Bissawab
Saya hanya manusia biasa yang tak terlepas dari khilaf dan dosa karena itu mohon untuk dipelajari kembali dan mohon untuk ditambahi.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca ^^.